Paytren Adalah Riba, Benarkah?

Paytren Adalah Riba, Benarkah?

Opini tentang paytren adalah riba sangat sering terdengar. Berbicara soal riba memang akan berbicara soal pandangan Islam terhadap suatu transaksi perdagangan atau jual beli. Namun memang, bisa jadi orang yang beragama Islam akan memiliki pandangan yang juga beragam terkait mana yang riba dan mana yang tidak. Termasuk juga soal paytren, sebuah perusahaan aplikasi digital payment yang sangat terkenal ini juga sering disebut sebagai bisnis riba. Alasan yang paling jelas adalah soal adanya pendapatan yang tidak jelas unsur halalnya karena hanya mencari bawahan dan berbagai macam hal yang terkait dengan mekanisme MLM. Hal ini membuat banyak orang sangat ingin bergabung dengan paytren namun masih ragu apakah paytren benar-benar halal dan berkah atau justru termasuk bisnis yang riba. Jika Anda termasuk orang yang masih ragu dengan paytren, maka bisa melakukan tabayyun atau mencari tahu secara gamblang tentang paytren dengan berbagai macam cara.

Apa sajakah cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui tentang hukum bisnis paytren? Untuk bisa mengetahui apakah paytren adalah riba atau tidak, sebaiknya memang mencari berbagai macam opini. Sekilas, dari pihak orang yang mendirikan paytren tentu saja sudah sangat jauh berpikir soal hukum berbisnis yang satu ini. Ya, seorang Yusuf Mansyur sebelum menjadi pendiri paytren tentu saja sudah dikenal sebagai tokoh agama dan sangat dikenal memiliki pengetahuan yang mendalam soal agama Islam. Dirinya tentu tahu riba dan tetap mendirikan bisnis aplikasi digital payment yang disebut paytren ini. Sekilas, secara logika paytren ini tidaklah riba dan aman untuk diikuti. Namun, sejumlah tokoh agama memang memberikan penjelasan tentang penafsirannya tentang paytren karena memang ada sejumlah  tokoh terkenal yang menentang paytren.

Jika Anda masih ragu, sebaiknya Anda membaca lebih banyak tentang dua opini yang mengatakan paytren riba dan yang mengatakan paytren tidak riba. Dari sana Anda bisa memilih dan melihat mana yang paling membuat Anda yakin sehingga bisa memutuskan apakah ingin bergabung dengan paytren atau memilih untuk tidak bergabung.